Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perdjalanan Pandjang Seboeah Boekoe

IMG_2065


Awalnja hanya perkenalan biasa di Facebook. Dia mengomentari statoes saia dan saia pun menanjakan apa ia poenja saoedara di Soerakarta, karena wadjahnja mirip sekali dengan boskoe yang berasal dari sana. Setelah itoe, kami sama-sama terlibat pembitjaraan jang intens lewat JM. Saat koeoetarakan maksoed saia oentoek pergi ke Gontor bersama Sonnj, entah kenapa tiba-tiba terbesit ide untuk bertemoe langsoeng dengannja di Malang. Diapoen setoedjoe, dan sebagai oleh-oleh, saia tanjakan boekoe apa yang hendak ia pindjam dari saia. Achirnja disepakati boekoe Malaikat & Iblis karangan Dan Brown. Maka moelailah perdjalanan pandjang saia bersama boekoe terseboet.

Alkisah, Sonnj tidak djadi pergi karena kantongnja lagi tjekak gara-gara habis mengoendoeh laptop boelat-boelat. Please dah Son, gadji 10 juta masak habis boewat beli laptop seharga 5 djoetaan itu, Tjeleron lagi! Sisanja kemana?! Oleh karena itoelah akhirnja saia pergi sendirian sadja bersama Malaikat & Iblis ke Gontor. Sesampai di Kampoeng nan Damai itoe, betapa terkedjoetnja saia, mendapati kepadatan jang loear biasa. Otoboes diparkir di halaman sampai penoeh, roeang-roeang padat dengan tamoe jang berdjoebelan. Jah, di masa-masa seperti ini kiranja ia tidak dapat diseboet sebagai Kampoeng Damai. Dan saia poen bergerak mendjaoeh mentjari gambar bersama camera saia.

Hari poen gelap, dan atjara Panggoeng Gembira segera dimoelai. Laoetan manoesia meloeber hingga ke tangga-tangga masdjid. Karena tiada dapat masoek, djadi hanja dipinggiran sadja saia memotret. Ternjata, masih tetap soesah. Saia segera madju ke depan, tapi maloe dengan para oestadz jang memandangi saia sedemikian roepa. Hhh.., saia benar-benar terbawa atmosfer sebagai seorang santri katjoengan. Karena lelah, maka setelah episode drama berbahasa Arab, segera sadja mengambil kaki seriboe ke tempat jang tenang. Saat itoelah, kami bertelponan untuk jang ketiga kalinja. Soearanja merdoe, contras sekali dengan spiker pengeras jang membahana. Saia djadi menikmati setiap perbintjangan itoe dan hanjoet ke dalamnya. Tidak ada jang roemit. Ini semoea tentang seboeah pertemoean di era web 2.0. Ringan dan dangkal, tapi djuga penoeh dengan kehormatan dan ketenangan jang menarik. Atawa menoeroet bahatsa Sonnj, adalah seboeah perbintjaraan antara simple girl and complex boy. Dan saia memerankan complex boy saat itoe. Jah, saia menikmatinja benar-benar. Tidak selamanja jang dangkal itoe djelek kan.

Poekoel 2 dini hari, hawa dingin menyengat di masdjid. Dengan tergopoh-gopoh, saia pun kembali ke roeang tamoe jang padat sekali. Sebentar sadja tidoer di sana, sehabis solat subuh, dan mandi, antri joega toeh! Maka atas recomendasi kawan, saia pun pergi menudju Malang pada djam 7.00. Menoempang seboeah otoboes travel. Charioel Oemam, nama kawan saia itoe. Dia dan istrinja mengabdi ke pondok, sama-sama master dan baroe sadja menikah delapan boelan jang laloe. Kedoea Soeami istri ini adalah benar-benar prodoect original pondok.

Dahoeloe saia pernah ke Malang, tapi hanja sepintas laloe. Membenarkan alat tjetak telpon jang roesak. Saat itoe, saia masih mengabdi di Kediri, dan perdjalanan saia ke Malang melewati daerah perboekitan Batoe jang sedjoek itoe. Kali ini, joeroesan jang ditoedjoe melewati dataran kering Toeloeng Agoeng, Trenggalek dan Blitar, kemoedian memasoeki Malang dari arah selatan. Roegi djoega sjih, tidak dapat melihat pemandangan jang indah. Tapi itu sebeloem saia tahoe bahwa si sopir koerang strategis dalam mengambil kepoetoesan.

Saia pergi bersama rombongan para goeroe jang hendak penataran di daerah Batoe. Loetjoenja, mereka malah beloem tahoe, tempat menginap. Djadilah, di siang hari nan sedjoek itu, pak sopir diboewat pontang-panting mentjari hotel. Jang memboeat hati saia goesar, adalah, si sopir ini boekannja mengantar dahoeloe mereka jang tinggal di Malang, tatapi malah pergi ke Batoe, padahal Kami soedah masoek Malang. Saia diboewat kesel djadinja. Boekan sadja waktoe jang ditempoeh lebih lama, tapi djoega soedah capai rasanja menoenggoe toek bersoea. Saat di Batoe, perasaan saia moelai tenang. Hawa dingin nan sedjoek membelai wadjah dan hati saia, pelan-pelan kusjukuri kebodohan si sopir. Wah, ini kan toer gratijst namanja. Hhhh... Maka kami poen dibawanja poetar-poetar ke arah selecta dan pemandian air hangat. Hemm.. asjik djuga Batoe.

Inilah pertemoewan kami djang pertama. ketika sebuah lot kosong tak berpenghoeni jang semestinja meroepakan tempat di mana kami bakal bertemoe, memboewat saia tiba-tiba dilanda rasa panik. Djangan-djangan, nona ini hanja njonja-njonja tjentil jang utsil sadja. Boekankah anonimousity meroepakan hal jang wadjar saat ini, dan seboeah copy darat adalah seboeh perdjoempaan jang penoeh resiko. Saia djadi heran sendiri, apa gerangan jang memboewat hati saia tergerak pergi djaoeh-djaoeh ke tempat jang tidak saia mengerti sama sekali. Seakan-akan ada perasaan aneh jang menarik saia ke sana, bertemoe seseorang jang sama sekali belom pernah saia liat, belom saia kenal, paling tidak doewa minggoe jang laloe. Dan sekarang saia ada di sini, penoeh keterasingan.

Dengan refleks saia pentjet nomor telponnja. "Halo.. kamoe ada di mana?" Kata saia, "di sini mas," kata nona itoe diseberang, dan saia liat perempoean berkoedoeng moentjoel dari balik pagar. Achirnja, dia njata. setidaknja akoe bisa melihat wadjahnja jang manis itoe, tersenjoem kepadakoe. Sebelumnja, saia membajangkan postoer nona ini tinggi dan ramping, makloem sadja soeka berenang dan basket. Tapi saat kami bertatapan moeka, ia hanja sedjengkal dibawahkoe. Sjukurlah, saia kok merasa tidak pas dengan perempoean jang lebih tinggi dari saia. Apa karena ego laki-laki? Entahlah, tapi dalam hati saia moelai menjoekainja.

Toejoewan pertama jang kami toedjo adalah Bakso Cak Man, makloem kami sama-sama kelaparan. Dengan berbontjengan motor koemoelai mengelilingi kota Malang. Banjak sekali jang kami bitjarakan, jang kalo saia tjatat moengkin baroe selesai besok hari, tapi koe enjoy. Seoesai dari sana, saia diperkenalkan dengan beberapa shahabat karibnja jang ada di pemeran kompoeter. Roepa-roepanja ia meroepakan satoe-satoenja perempoewan selama koeliyah di Technik electro, djadi kehadirannja benar-benar mereka toenggoe. Wah, hebat djuga djadi idola. Hhhh.. Seoesai solat Asar, kami pergi nonton. Tapi terlebih dahoeloe berkoendjoeng ke Gramedia, liat-liat boekoe di sana. Baroe saia tahoe, ternjata dia soeka sekali tjicklit. Hihihi.. itoe kan buku jang tidak pernah saia batja. Girly, katakoe, dan ia tertawa, maka kami poen tertawa. Laloe pergi ke rak jang tidak pernah saia kundjungi, tentang koedoeng, hal-hal perempoewan, ampoeen.. tapi saia soeka kok. Djoega boekoe sahabat penanja jang saat itoe beloem ada di Malang. Jah, sore hari jang tjeria, dan kulirik wadjahnja jang penuh ketjeriaan itoe.

Teroes terang sadja, kalo tiada orang jang adjak saia, apalagi perempoewan manis matjam kamoe, tentoenja pilem Si Djago Merah djadi prioritas terachir oentoek saia liat. Dari scenario jang asal-asalan, aloer tjerita dan penokohan jang tidak koewat, hingga cinematografy jang pas-pasan, pantas bila saia beri nilai itoe pilem 4 dari 10. Oeoeh.. oentoeng djuga nontonnja berdoewa. Dan koemoelai menikmati setiap kedangkalan jang ada. Pilem djelek, tak apalah. Katanja akoe terlaloe serioes. Oh, ja! Saia djadi teringat oedjaran kawan perempoean saia di Makassar jang berbitjara hal seroepa. Bila doewa perempoewan berbitjara hal jang sama, dan tidak saling kenal, besar kemoengkinan hal itoe benar. Djadi, apa moengkin saia terlaloe serioes?! Ah, seandainja sadja keserioesan tadi bisa mengangkat gadjikoe. Tapi darimoe koebenar-benar bisa mengenal arti jang berbeda tentang hidoep ini.

Oesai pergi menonton, kami mentjari penginapan oentoek saia. Dapat satoe, dan ia pergi kembali ke tempat kostnja. Di kamar, saia lelah sekali dan langsoeng djatoeh tertidoer.

***

Keesokan hari, koetelpon dia oentoek sarapan di hotel. Djam 8-an kami berangkat ke kampoesnja goena mengoeroes ijazah dan wisoeda. Dan setelah ke tempat servis Samsoeng kami poen pergi menoedjoe Batoe. Meski mendoeng, tapi tidak ada hudjan. Hawa goenoeng begitoe sedjuknja, memberi kesegaran jang nikmat. Entah djaloer mana jang ia pilih, tapi kami segera meneloesoeri lereng berbukit, dan djalan jang berkelok-kelok. Dari atas, tampak Batoe berikoet villa-villa berserakan di bawah sana, indah sekali dilihat. Motor kami teroes manandjak, hingga di seboeah pinggiran lereng, kami beristirahat memandang bentangan alam jang begitoe loeas di bawah. Mentari sinarnja menerobos masoek ke tjelah-tjelah awan jang hitam, sambil menikmati djagoeng, pisang dan roti bakar, kami berbitjara tentang segala hal. Soenggoeh seboeh pertemoewan dengan pribadi jang menarik.

Hari kemoedian hoedjan, djalanan litjin. Berlomba basah kami menoeroeni lagi lereng-lereng itoe. Beberapa kali terpaksa menedoeh karena air benar-benar tiada bersahabat. Malang, Batoe, hudjan, basah. Semoea seakan teredoeksi oleh waktoe. Saat technology mempertemoekan doewa orang jang tidak saling mengenal, apakah ini masa depan? Dari kata-kata di katja, hingga perdjoempaan njata. Akoe njata, kamu njata, dan boenga-boenga jang koekirimkan tak lain dari digit-digit di dunia maja. Kita benar-benar prodoeksi djaman. Dan dioejoeng siang itoe saat hudjan terus mengedjar kepoelangan kami, koeharap itoe tiada. Moengkin di belakang sana ada blangwir jang menjemprotkan airnja kepada kita terus menerus, katakoe penoeh tjanda, dan kamoe tertawa, akoepoen djoega.

Jah begitoelah, saat boekoe boekan lagi seboeh boekoe tapi lebih dari itoe, dan di depan station Koe tatap dia, boekankah kamoe maoe naik kereta api, moengkin kita bisa pergi bersama di awal tahoen depan? Dan kaoe bilang kita berdoea, pasti tidak akan ada bosan. Ja, kita berdoea pasti tidak akan ada bosan. Hanja seboeah djabatan tangan, tak lebih dari itoe. Laloe koepergi bersama Kereta jang sore itoe pergi meninggalkan Malang.

P.S.
Tahun depan. I always miss you!



 

8 komentar untuk "Perdjalanan Pandjang Seboeah Boekoe"

  1. hehhee... nice post with nice language.. bikin saya pusing batjanja.. duh susyah banged!!
    btw, yesterday is a nice sunday.. hujan2an dan yang pasti hari itu saya tersenyum terus.. thank bro..

    BalasHapus
  2. hhh,
    jd ingat masa2 moeda doeloe..
    nona itu benar, lo klewat seriosa meski indegenous lu sighor :p

    hayyuuu, kayana match la that simple girl. She'll touch ur complexity :D

    i wish both u abadilah. Amieeen...

    BalasHapus
  3. Very nice...with uniquely described story......I wish I knew this blog before....Salam kenal juga mas

    BalasHapus
  4. @Murid, this was my way to commemorate the unforgettable match. In, my opinion, you have a good point of view at your blog. Thank for compliment.

    @Sonny, Tidak ada yang tahun masa depan. Yang kita lakukan hanyalah mencoba dan berusaha. Even if it was disappointment.

    @ Dwi Arisanti, Lovely Sunday. I Like Lovely Sunday!

    BalasHapus
  5. Saya suka cara penulisannya. :)

    BalasHapus
  6. [url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]discounted software for, [url=http://sunkomutors.net/]to purchase computer software[/url]
    [url=http://sunkomutors.net/][/url] key generator for nero 9 software volume discount
    filemaker pro v6 troubleshoot [url=http://sunkomutors.net/]to sell software services[/url] cheap oem software review
    [url=http://sunkomutors.net/]free security software downloads[/url] discount software for you
    [url=http://sunkomutors.net/]2008 software purchase[/url] adobe photoshop cs3 extended serial
    free windows xp [url=http://sunkomutors.net/]latest adobe photoshop software[/b]

    BalasHapus
  7. [url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]kaspersky coupon, [url=http://murudobaros.net/]acdsee serial[/url]
    [url=http://murudobaros.net/]microsoft productivity software[/url] discounted software for crack for filemaker pro 9
    adobe macromedia software [url=http://murudobaros.net/]ms academic software[/url] student discount computer software
    [url=http://murudobaros.net/]can buy photoshop[/url] office software student discount
    [url=http://murudobaros.net/]office 2003 pro[/url] real cheap software
    buying cheap software [url=http://murudobaros.net/]linux educational software[/b]

    BalasHapus
  8. [url=http://bariossetos.net/][img]http://vonmertoes.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]discount software review, [url=http://vonmertoes.net/]autodesk autocad[/url]
    [url=http://bariossetos.net/][/url] adobe acrobat 9 pdf portfolio layouts legal office software
    650 oem software installation [url=http://hopresovees.net/]hosting reseller software[/url] discount software sales
    [url=http://bariossetos.net/]microsoft calendar filemaker pro[/url] software to store photos
    [url=http://bariossetos.net/]oem software licensing[/url] cheapest vista software
    software programs for sale [url=http://bariossetos.net/]discount microsoft office for students[/b]

    BalasHapus