Intensedebate

Cukup lama saya perhatikan sistem komentar di Wordpress yang ergonomis dan bagus itu. Setelah googling ke berbagai situs, akhirnya bersualah dengan intensedebate. Mereka memiliki aplikasi yang unik dan brilian mengenai sistem komentar yang bisa diaplikasikan ke berbagai layanan penyedia blog. Dan sayapun tertarik untuk menggunakannya.

Instalasinya juga mudah. Tinggal mendaftar, ikuti petunjuk dan mulailah kita install di blog masingmasing. Semuanya otomatis. Kita hanya menyimpan kodekode html blog kita yang lalu kita upload kembali ke situs intensedebate dan woila.. jadilah sistem komentar baru yang bisa kamu lihat di blog saya ini.

Yang perlu diperhatikan adalah, ternyata intensedebate tidak kompatibel dengan blogspot klasik. Kebetulan juga sistem blogspot saya masih menggunakan yang klasik, sehingga beberapa komentar lama tidak dapat saya ekspor :( , untuk itulah saya buat dua macam recent comment, yang lama dan yang baru sehingga dapat memudahkan untuk melihat komentar yang lama itu. Saya juga berharap masalah kompatibilitas bisa teratasi dengan baik.

Lalu apa sih keuntungan menggunakan intensedebate? Yang pastik, tanggapan untuk satu komentar ke komentar yang lain dapat lebih efektif dan tidak perlu menggunakan tanda @ lagi dan kita dapat berdebat lebih seru.

So, let's debate intensely!