Bagaimana dengan Disqus!

Beberapa jam yang lalu, saya coba menginstal intensedebate di blog ini. Berbagai petunjuk telah saya coba, termasuk resiko bahwa intensedebate tidak kompatibel dengan versi blogger saya. Ternyata, ia benarbenar tidak kompatibel. Opsi New Post Have Comment sudah berkalikali saya aktifkan dan tidak aktifkan, tetap tidak ada pengaruh sama sekali terhadap tampilan comment di blog ini. Bahkan, setelah saya perhatikan tidak ada opsi comment! Benarbenar merepotkan.

Kalau sudah bingung seperti ini biasanya take back dahulu, lalu minta bantuan oom Google. Ternyata, saat saya klik kotak pencaharian di pojok kanan atas Firefox ada sebuah kejutan. Saya ketik "intensedebate", dan keluarlah sejumlah pilihan: Intensedebate api, plugin, drupal, disqus, joomla. Dari seluruhnya, mata saya tertuju kepada disqus. Makhluk macam apa ini pikirku. Maka saya klik, pilihan tersebut dan muncullah sejumlah pilihan. Astaga, ternyata di luar sana tengah ada perebutan mahkota antara intensedebate dengan disqus. Pikirku, kenapa tidak mencoba.

Jadilah saya mendaftar terlebih dahulu di situs ini, disqus. Dan seperti biasa, free of charge. Usai membuat profil dan bla bla bla, mulailah proses yang serupa dengan intensedebate. Kita diminta mengupload kode html blog kita, kemudian mereka merevisi kode tadi untuk kemudian dipasangkan lagi ke blog. klop, tidak ada yang salah, hanya kali ini kotak expand widget harus dicentang. Dan dengan peraturan yang serupa, kita harus memilih opsi New Post Have No Comment. Persis kan? Sekarang, bagaimana ya tampilannya? Setelah disimpan, dan mengklik visit blog now, jadilah.... tapi, mana tampilan disqus-nya ya? Oh ternyata saya lupa satu hal. Memasang widget di blog ini, dan kembali saya cari di bagian setting di disqus, ketemu! Kode html itulah yang saya tambahkan di add a gadget pada bagian kiri blog ini.

So, masih mau debat atau diskusi? Pilih salah satu, tapi saya mah pilih diskusi aja ya, lebih santai kan. Gak pake ngotot!
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar